Beranda » Blog » Macam Macam Permainan Playground di Taman Bermain Indoor & Outdoor Yang Edukatif

Macam Macam Permainan Playground di Taman Bermain Indoor & Outdoor Yang Edukatif

Diposting pada 8 June 2024 oleh Faqih / Dilihat: 43 kali / Kategori: ,
Sistem pendidikan anak usia Taman Kanak Kanak (TK) dan PAUD tidak hanya melibatkan penguasaan materi dasar seperti baca, tulis dan hitung. Perkembangan anak melalui berbagai jenis permainan playground juga harus di perhatikan.
Permainan di taman bermain tidak hanya menimbulkan kesenangan semata. Pembelajaran anak melalui permainan juga akan mengembangkan keterampilan anak, kreatifitas anak, melatih komunikasi, imajinasi, motorik halus, keterampilan sosial dan masih banyak lagi.
Alat permainan indoor TK

Macam-Macam Permainan Playground di Taman Bermain Indoor dan Outdoor Yang Edukatif

Berikut ini adalah beberapa jenis permainan yang dapat membantu proses pembelajaran untuk perkembangan anak usia dini beserta penempatanya.

1. Perosotan Anak ( Indoor dan Outdoor )

Perosotan anak merupakan salah satu permainan di taman bermain yang paling digemari oleh anak-anak. Perosotan anak juga mempunyai nilai edukasi seperti melatih keseimbangan, keberanian, ketertiban, pengenalan warna dan melatih otot fisik.
Dalam pengadaan jenis permainan perosotan harus mengedepankan keamanan dan keselamatan anak. Maka dari itu perlu pemilihan material yang bagus, tidak ada sisi tajam dan sisi perosotan dibuat lebih tinggi sekitar 15 cm dari permukaan perosotan.
Alat permainan edukatif outdoor dan indoor

2. Playground Anak ( Indoor dan Outdoor )

Playground anak juga merupakan salah satu jenis mainan di taman bermain anak. Pada umumnya, playground mempunyai bentuk menyerupai rumah dengan berbagai jenis permainan di dalamnya seperti perosotan, jembatan goyang, mandi bola, ayunan, monkey bar, terowongan, panjat tali dan lain-lain.
Dari berbagai jenis permainan yang ada di playground ini, tentu playground menjadi salah satu permainan favorit bagi anak-anak. Karena sudah pasti dari berbagai jenis permainan yang ada di playground tersebut mempunyai banyak sekali nilai-nilai edukatif untuk membantu tumbuh kembang anak.
Alat bermain outdoor TK

3. Ayunan Anak ( Outdoor )

Ayunan merupakan suatu permainan di taman bermain anak yang cukup disenangi oleh anak-anak. Manfaat dari ayunan anak adalah dapat memberikan rasa nyaman, meningkatkan koordinasi, mengembangkan sistem sensorik dan masih banyak lagi.
Alat permainan anak TK

4. Jungkitan Anak ( Outdoor )

Jungkitan anak merupakan suatu permainan yang bisa di mainkan oleh 2 sampai 4 anak. Permainan yang menggunakan tenaga kaki ini juga bisa membantu tumbuh kembang anak. Selain keceriaan, permainan jungkat jungkit ini dapat melatih keseimbangan anak, komunikasi, sosial, keberanian, kesehatan dan masih banyak lagi.
Mainan TK outdoor jungkat jungkit

5. Panjat Tali ( Outdoor )

Panjat tali juga merupakan suatu komponen penting dalam perlengkapan playground anak. Permainan panjat tali bisa membantu tumbuh kembang anak seperti melatih keseimbangan, otot tangan, otot kaki, keberanian dan lain lain.
Nama nama alat permainan TK outdoor panjat tali mini

6. Tangga Pelangi ( Outdoor )

Sesuai dengan namnya, permainan tangga tali didesain seperti tangga yang berbentuk pelangi dengan kombinasi warna yang menyerupai pelangi juga. Selain ingin mengenalkan warna kepada anak-anak, tangga pelangi juga memberikan manfaat lain seperti keberanian, otot fisik, komunikasi, ketertiban, keseimbangan dan masih banyak lagi.
Alat permainan TK PAUD outdoor tangga pelangi

7. Kolam Mandi Bola ( Indoor )

 Kolam mandi bola merupakan salah satu permainan indoor yang sering kita jumpai di sekolah, mall maupun di taman bermain lainya. Dengan ratusan sampai ribuan bola warna warni, diharapkan anak dapat mengenal warna secara menyeluruh sambil bermain.
Gambar mainan anak TK mandi bola indoor

8. Jembatan Goyang ( Outdoor )

Jembatan goyang merupakan suatu permainan yang didesain menyerupai jembatan yang bisa bergoyang saat di lewati. Permainan di taman bermain ini sering ditemukan di taman bermain, tempat wisata atau di perlengkapan permainan playground.
Jenis mainan anak TK jembatan pelangi
Jembatan goyang juga bisa membantu tumbuh kembang anak seperti melatih keseimbangan, keberanian, komunikasi, kerjasama, dan sensor motorik.

9. Puzzle ( Indoor )

Permainan puzzle adalah salah satu permainan bongkar pasang yang sudah ada sejak dulu tetapi masih eksis sampai sekarang. Permainan edukatif ini dapat membantu tumbuh kembang anak seperti mengingat memori, kreatifitas, memecahkan masalah, kecerdasan otak, melatih koordinasi mata dan tangan dan masih banyak lagi.
Jenis mainan anak TK puzzle

10. Mangkok Putar

Permainan mangkok putar juga dapat membantu melatih keseimbangan tubuh, keberanian, imajinasi dan melatih kecerdasan spasial ketika si kecil mengendalikan kemudi.
APE outdoor mangkok putar
Itulah beberapa jenis permainan edukatif yang dapat membantu tumbuh kembang si kecil. Memberikan pembelajaran kepada anak usia TK dan PAUD tidak harus berada di dalam ruangan. Anak-anak harus di ajak bermain di luar ruangan agar mengenal alam dan lingkungan sekitarnya.

Tips Memilih Permainan Yang Aman Bagi Anak

Memilih jenis permainan yang aman bagi anak merupakan priorotas utama demi keselamatan dan kesejahteraan anak. Berikut ini adalah beberapa tips memilih permainan yang aman bagi anak.
a. Pilih Permainan Berdasarkan Usia Anak
Pastikan permainan yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan usia anak. Setiap usia memiliki kemampuan dan kebutuhan yang berbeda. Permainan yang sesuai dengan usia anak dapat membantu tumbuh kembang anak.
b. Hindari Potensi Bahaya
Hindari permainan yang mempunyai bagian-bagian kecil yang dapat di makan atau dapat membuat cidera. Hindari juga memilih permainan yang mempunyai sisi tajam, ujung yang runcing atau potensi bahaya lainya yang dapat melukai anak.
c. Perhatikan Material Permainan
Pastikan permainan yang Anda pilih untuk si kecil terbuat dari bahan yang aman dan tidak beracun. Hindari permainan yang terbuat dari bahan berbahaya seperti timah dan yang mengandung zat beracun lainya. Penting untuk melihat kode SNI atau ISO yang tertera di label permainan.
d. Pilihlah Permainan Edukatif
Penting untuk memilih jenis permainan yang tidak hanya untuk hiburan saja. Pilihlah jenis permainan yang dapat merangsang kreatifitas dan dapat membantu tumbuh kembang anak. Permainan yang mempunyai nilai positif adalah permainan terbaik untuk anak.
Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat memilih jenis permainan anak TK yang aman dan bermanfaat.
Nirwana Fiberglass selaku produsen alat permainan anak TK dan PAUD siap membantu Anda dalam pengadaan barang yang berkualitas dan sudah mempunyai standar keamanan yang ketat. Anda juga bisa request permainan playground sesuai dengan kebutuhan Anda.
Baca Juga Artikel Sebelumnya:

Bagikan ke

Diposting oleh

Batasan Terselimuti Akal Sehat Agar Bebas Terasa Sebatas

Macam Macam Permainan Playground di Taman Bermain Indoor & Outdoor Yang Edukatif

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Macam Macam Permainan Playground di Taman Bermain Indoor & Outdoor Yang Edukatif

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Faqihudin
● online
Faqihudin
● online
Halo, perkenalkan saya Faqihudin
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja