Beranda » Blog » Metode Pembelajaran di luar Ruangan Kelas Pada Anak Usia Dini

Metode Pembelajaran di luar Ruangan Kelas Pada Anak Usia Dini

Diposting pada 23 February 2019 oleh Faqih / Dilihat: 291 kali

Metode Pembelajaran di luar Ruangan Kelas Pada Anak Usia Dini

Metode pembelajaran di luar ruangan kelas pada anak usia dini- Kegiatan belajar-mengajar itu variatif. Ada yang di dalam ruangan kelas dan ada juga yang di luar ruangan kelas. Dari tingkat taman kanak-kanak sampai peguruan tinggi lebih banyak melakukan kegiatan belajar-mengajar di dalam ruangan kelas. Anak usia dini, kurang lebih mulai usia 3 tahun ke atas pada dasarnya lebih suka pembelajaran di luar ruangan kelas untuk semua mata pelajaran karena hal ini dirasa sangat membantu dalam memahami setiap materi yang diajarkan oleh guru dan tidak menjenuhkan. Seperti pada pelajaran olahraga, anak akan lebih bisa memahami materi jika dipraktikan di luar ruangan kelas. Atau pada pelajaran matematika, anak akan lebih bisa memahami materi semisal lingkaran, persegi, persegi panjang jika dilihatkan pada sebuah media pembelajaran alami seperti buah-buahan, atau bentuk rumah, bentuk atap. Dari hal ini, untuk anak usia dini patut untuk diasupi materi dengan pembelajaran di luar ruangan kelas. Untuk menunjang fasilitas belajar di luar ruangan kelas alangkah baiknya jika sarana dan prasarana sekolah yang mendukung pembelajaran di luar ruangan kelaspun diadakan seperti playground, atau media pembelajaran di luar ruangan kelas lainnya yang mungkin bisa terbuat dari bahan ramah lingkungan dan awet seperti fiberglass. Nah, sebenarnya untuk media-media pembelajaran di luar ruangan kelas untuk era sekarang sangat mudah untuk didapat semisal mencari wahana playground yakni bisa dicari melalui beberapa situs online seperti produsenperosotan.com  yang menyediakan wahana playground terbuat dari bahan fiberglass yang awet dan ramah lingkungan.

Metode Pembelajaran di luar Ruangan Kelas Pada Anak Usia Dini

Baca juga : Pusat Penjualan Playground Anak

Metode pembelajaran di luar ruangan kelas pada anak usia dini terbukti ampuh dan mengena sasaran. Kita harus melihat fakta bahwa pembelajaran di luar ruangan kelas yang telah dipraktekan di beberapa sekolahpun mampu menunjang daya berfikir cerdas dan kreasi anak. Anak akan lebih menjadi pribadi yang mampu memadukan imajinasi dan kenyataan jika pembelajaran ada di luar ruangan kelas. Seperti mempelajari cara menanam pohon yang baik, ini tidak mungkin bisa dipahami dengan cepat tanpa pembelajaran di luar ruangan kelas atau mempelajari bahasa inggris. Anak akan lebih berkesan menghafal dan memahami kosakata semisal kosakata tentang alat-alat permainan jika pembelajaran dilakukan di luar ruangan kelas dan sambil bermain dan juga diperlihatkan pada media pembelajaran yang ada disekitar kita.

Metode Pembelajaran di luar Ruangan Kelas Pada Anak Usia Dini

Efektifitas dan efisiensi yang didapat dari pembelajaran di luar ruangan kelas adalah anak mampu belajar sambil bermain. Dari hal ini, guru atau pendidik dituntut untuk kreatif menciptakan pembelajaran di luar ruangan kelas yang mampu mencapai target materi dan juga bisa sambil bermain. Guru yang kreatif tentu tidak bisa berkembang tanpa pengadaan fasilitas bermain seperti perosotan, playground, ayunan, jungkitan, jembatan goyang, tangga pelangi, mangkok putar dan lain-lain. Itu semua karena pembelajaran di luar ruangan kelas tidak cukup hanya memegang buku, spidol, dan whiteboard. Tentu hal ini akan kembali menciptakan suasana yang menjenuhkan.

Metode Pembelajaran di luar Ruangan Kelas Pada Anak Usia Dini

Langkah-langkah menjadi guru yang kreatif tentunya adalah melakukan persiapan dan observasi di luar jam pembelajaran seperti melihat-lihat media sosial atau website yang menjual berbagai macam permainan anak agar bisa mendapatkan ide media pembelajaran yang sangat ramah lingkungan dan cocok untuk anak usia dini.

Media pembelajaran seperti playground  tentu akan sangat membantu semisal perosotan. Dengan menggunakan perosotan akan ada beberapa hal yang bisa didapat untuk pembelajaran di luar ruangan kelas sebagai berikut :

  1. Perosotan sebagai media belajar matematika

Dengan perosotan, anak akan berlatih berhitung ketika mau menaiki tangganya. Semisal belajar berhitung angka 1-10.  Hal ini memudahkan anak sekali. Mungkin untuk anak dengan intelgensi diatas rata-rata tidak membutuhkan media seperti perosotan. Tapi untuk anak-anak dengan intelegensi sedang dan dibawah sedang hal ini sangat diperlukan untuk membantu memahami materi.

  1. Perosotan sebagai media belajar bahasa inggris

Dengan perosotan, anak akan lebih asyik menghafal dan memahami bahasa inggris. Semisal guru menyuruh anak-anak  untuk menghafal 10 kosa kata setiap pertemuan maka perosotan ini bisa digunakan sebagai media menghafal misalkan setiap anak disuruh untuk perosotan 10 kali perkata maka hal itu akan sangan asyik sekali untuk dilakukan. Terus menerus sampai hafal. Dan hal ini lebih asyik dibanding pembelajaran di dalam ruangan kelas.

  1. Perosotan sebagai media olahraga

Tentu saja perosotan adalah media olahraga yang ramah untuk anak usia sekolah dasar.

  1. Perosotan sebagai media belajar bekerjasama

Hal ini dimaksudkan untuk metode pembelajaran kelompok yang mengharuskan aspek penilaian kerja sama. Anak akan sangat kelihatan empati bekerjasamanya melalui perosotan. Bagaimana agar timnya menang, dan bagaimana cara bekerjasama.

  1. Perosotan sebagai playground ramah diwaktu istirahat sekolah

Dari pada anak-anak kluntang-klantung dan tidak jelas maka alangkah baiknya jika anak-anak pada saat istirahat diberikan wahana bermain yang mampu menampung banyak anak pada saat permainan.

Metode Pembelajaran di luar Ruangan Kelas Pada Anak Usia Dini

Dari uraian di atas, kami dapat menyimpulkan bahwa anak usia dini akan lebih bisa menikmati pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran di luar ruangan kelas pada anak usia dini. Dan sekolah sebaiknya mengadakan fasilitas yang menunjang untuk pembelajaran di luar ruangan kelas. Karena pada dasarnya anak memang membutuhkan permainan dan anak tidak bisa lepas dari permainan. Maka dari itu, sebagai guru atau orang tua sebaiknya jangan paksakan anak untuk belajar seperti belajarnya orang dewasa.

Semoga artikel kami tentang metode pembelajaran di luar ruangan kelas pada anak usia dini dapat bermanfaat dan bisa di terapkan oleh orang tua atau guru-guru pengajar anak usia dini.

Bagikan ke

Diposting oleh

Batasan Terselimuti Akal Sehat Agar Bebas Terasa Sebatas

Metode Pembelajaran di luar Ruangan Kelas Pada Anak Usia Dini

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Metode Pembelajaran di luar Ruangan Kelas Pada Anak Usia Dini

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Faqihudin
● online
Faqihudin
● online
Halo, perkenalkan saya Faqihudin
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja