Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » 18 Manfaat Bermain di Playground (Taman Bermain) Untuk Perkembangan Anak

18 Manfaat Bermain di Playground (Taman Bermain) Untuk Perkembangan Anak

Diposting pada 21 January 2023 oleh admin

TAMAN BERMAIN MEMBANTU PERKEMBANGAN SOSIAL, OTAK DAN BAHASA

Perkembangan anak harus diperhatikan oleh orang tua sejak dini. Peran orang tua sangat penting untuk membuat pertumbuhan anak yang sehat. Dimulai dari lingkungan terdekat yaitu rumah, guru di sekolah dan teman sebaya di taman bermain.

Tempat bermain anak mampu membantu perkembangan emosi, sistem motorik kasar dan halus, fisik, mental, sosial, kepercayaan diri, emosional dan etika, melalui proses aktif bermain yang menyenangkan.

Banyak orang dewasa tidak menyadari pentingnya taman bermain untuk anak dalam hal perkembangan mental, emosi dan sistem motorik anak. Perlu pemahaman yang baik tentang apa yang dibutuhkan anak-anak untuk mengembangkan potensi mereka sepenuhnya.

Mengapa Playground (Taman Bermain) Penting Untuk Perkembangan Anak ?

Beruntung bagi anak-anak yang tinggal dilingkungan pedesaan, karena memungkinkan banyak ruang bermain anak yang mudah ditemukan. Berbeda cerita bagi mereka yang tinggal diperkotaan, banyak anak yang mendapatkan sedikit kesempatan untuk bermain dengan bebas.

Karena tata ruang untuk bermain anak semakin berkurang dan menyempit. Kekhawatiran orang tua akan keselamatan anak ketika bermain di area yang tidak semestinya, seperti di jalan raya, rel kereta dan tempat berbahaya lainnya.

Alasan lainnya playground penting untuk perkembangan anak yaitu menawarkan banyak jenis permainan yang dirancang untuk melatih sistem motorik kasar & halus, psikologis hingga kebugaran fisik.

Ketika anak menjalani kehidupan sehari-hari, mereka harus terus belajar tentang dunia, dan taman bermain menyajikan tempat yang sempurna untuk jenis pembelajaran ini.

Dengan melibatkan kemampuan motorik mereka dan menyediakan berbagai pengalaman sensorik, taman bermain memberikan apa yang mereka butuhkan untuk memaksimalkan perkembangan otak mereka.

Contoh permainan yang ada di playground yaitu perosotan, terowongan, panjat tali, monkey bar, panjat tebing fiber, jembatan goyang, jungkitan, ayunan, mandi bola dan trampolin.

Peran Penting Orang Tua Sebagai Pendamping Anak di Taman Bermain

Kenangan Anak Yang Menyenangkan Bersama orang tua tentunya dipupuk sejak kecil. Berusaha untuk memberikan waktu bersama anak dalam mendampinginya tumbuh dewasa adalah hal penting yang harus diprioritaskan.

Mulai mencari hal baru sederhana yang bisa dilakukan, seperti mengunjungi playground dan wahana taman bermain baru untuk mendapatkan pengalaman anak yang tak terlupakan.

Saat bermain di taman bermain ada baiknya jika orang tua selalu mendampinginya. Jangan sampai anak cidera saat bermain di wahana playground karena kelalaian dari orang tua maupun pengelola playground itu sendiri.

Maka dari itu peran orang tua sangat penting untuk mendampingi dan memberikan pengarahan kepada anak saat bermain di playground anak.

Cara belajar seperti apa yang menyenangkan dan disukai anak ?

Hal terbaik yang bisa anda lakukan sebagai orang tua adalah membawa anak ke taman bermain playground. Karena melalui wahana permainan, anak tidak hanya mendapatkan kesenangan atau hiburan saja, akan tetapi Manfaat Bermain di Playground Untuk Perkembangan Anak yang positif.

18 Manfaat Bermain di Playground Untuk Perkembangan Anak

Di bawah ini adalah alasan yang baik untuk membawa anak-anak ke taman bermain, berdasarkan berbagai aspek perkembangan anak. Nirwana Fiberglass akan membahas 20 Manfaat Playground untuk Perkembangan Anak yang Sehat & Optimal.

1. Perkembangan Pada Otak & Cara Berfikir

Contoh-contoh pemecahan masalah yang kreatif ini meningkatkan perkembangan otak mereka, karena jalur saraf diletakkan di otak yang dapat mereka gunakan dalam kondisi dan situasi lainnya.

2. Melatih Perkembangan Keterampilan Sosial Anak

Taman bermain memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk melatih keterampilan sosial mereka, untuk menemukan solusi bagi masalah, dan untuk belajar mengendalikan diri dalam menyelesaikan konflik.

3. Mendorong Perkembangan Berbicara

Bermain juga mendorong perkembangan bahasa, karena anak-anak sering berbicara dengan keras selama bermain dan interaksi dengan teman sebayanya memungkinkan mereka untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka serta mengembangkan pemahaman dan keterampilan berbicara mereka.

Hal tersebut berpengaruh untuk anak yang tidak ditunjang dengan media permainan untuk melatih interaksi dan kemampuan berbicaranya.

4. Membantu Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak

Taman bermain menawarkan lingkungan yang sempurna untuk mengembangkan kepercayaan diri dan harga diri anak-anak. Entah itu melintasi palang monyet atau memanjat tangga tali, saat anak anda berhasil  melewati rintangan yang sulit tersebut, akan memunculkan rasa kepercayaan diri & keberanian anak.

Taman bermain memberi anak-anak kesempatan untuk menaklukkan ketakutan mereka saat mereka mencoba hal-hal baru dan mencapainya. Meskipun mereka tidak terlibat dengan peralatan yang lebih menantang secara fisik, bermain secara umum bermanfaat bagi anak-anak dengan harga diri mereka.

5. Mengembangkan Pengendalian Emosi Anak

Taman bermain menawarkan arena di mana mereka dapat menjelajahi dunia melalui imajinasi, mencoba berbagai emosi dan belajar tentang semua kemungkinan dalam hidup.

Seperti yang dikatakan Albert Einstein, “Bermain adalah bentuk penelitian tertinggi.” Jika bermain adalah penelitian, taman bermain adalah laboratorium tempat anak-anak melakukan eksperimen kehidupan.

Oleh karena itu, anak-anak merasakan banyak emosi saat bermain, yang memberi mereka kesempatan berulang kali untuk belajar mengatur dan mengendalikan emosi positif dan negatif, yang penting untuk kesehatan emosional jangka panjang mereka.

6. Membangun Perkembangan Kesehatan Mental Anak Yang Positif

Menurut banyak penelitian bidang psikologis, peralatan di taman bermain memainkan peran penting dalam perkembangan mental. Sama seperti kehidupan sehari-hari yang memunculkan banyak emosi bagi orang dewasa, bermain juga demikian. Bagi anak-anak, terutama di taman bermain di mana mereka terpapar dengan anak-anak lain dan menghadapi banyak tantangan fisik.

Berbagai jenis permainan dengan melatih semua anggota tubuh fisik dan mental membantu anak-anak mengelola perasaan mereka dengan lebih baik.

Ada kalanya anak-anak dihadapkan pada tantangan yang membuat mereka marah atau takut, seperti berebut mainan yang sama dan mengajarkannya cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

7. Membangun Mood/Perasaan Anak dalam Suasana Gembira

Taman bermain cenderung menjadi tempat yang sangat menarik bagi anak-anak, di mana mereka berlarian, berteriak dengan suara keras, berayun, meluncur, memanjat, dan berputar-putar.

Permainan fisik membawa mereka ke dalam kondisi kegembiraan, yang sering kali membuat anak meluapkan tawa dan kegembiraannya. Bahkan saat suasana hati sedang sedih, solusi mudah untuk menghibur anak dengan mengajaknya ke tempat playground.

8. Manfaat Perkembangan Playground Untuk Membentuk Karakter Sosial Anak

Keramaian di arena playground anak juga memberikan efek positif bagi anak. Anak akan belajar berinteraksi dengan anak lainya. Selain itu anak juga akan belajar bagaimana ber sosialisasi yang baik dengan lingkungan sekitar. Di keramaian tersebut anak juga akan dilatih untuk berani, disiplin dan tertib.

9. Mengembangkan Keaktifan Dalam Berinteraksi Anak Terhadap Orang Lain

Selama waktu bermain, anak-anak menghabiskan waktu bersama, dan ini adalah waktu yang penting di mana mereka akan belajar bagaimana berinteraksi satu sama lain. Masa prasekolah adalah masa yang penting dalam kehidupan dalam berbagai aspek perkembangan, terutama secara sosial.

10. Mengembangkan Kekompakan & Melatih Kesabaran Anak di Ruang Publik

Dalam wahan playground, anak-anak belajar bagaimana cara mengantri bergiliran satu sama lain dan berlatih mengendalikan diri saat mereka menunggu.

Mereka dapat bermain bersama dan bekerja secara kolaboratif; dan mereka dapat menjalin ikatan melalui percakapan dan permainan imajinatif. Taman bermain memainkan peran penting dalam perkembangan psikososial mereka.

11. Mengasah Pengembangan Keterampilan Anak Yang Kreatif

Taman bermain membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial, yang bermanfaat bagi masyarakat karena belajar kewarganegaraan dan tata krama. Anak-anak dari berbagai latar belakang yang berbeda berkumpul bersama di taman bermain dan memupuk persahabatan.

12. Pengembangan Etika Moral Anak Yang Baik & Positif

Taman bermain penting untuk perkembangan fisik, mental, dan sosial anak-anak, tetapi juga merupakan arena di mana mereka mengembangkan karakter moral mereka. Kebanyakan orang tidak mempertimbangkan hal ini, tetapi

13. Bermanfaat untuk Orang Tua

Semua alasan di atas ditujukan untuk perkembangan anak anda yang berharga. Namun pada akhirnya, anak yang bahagia akan menjadi orang tua yang bahagia. Hal tersebut akan  berbanding lurus jika melihat anak bersenang-senang dan mendapatkan manfaat belajar di taman bermain untuk pengalaman baru yang positif.

Bertemu dengan orang tua lain juga bisa menjadi bonus interaksi sosial yang baik, karena ada banyak hal yang bisa dibagikan dengan orang tua lainnya saat anak anda berlarian bersama teman barunya.

14. Mengembangkan Anak dalam Bersikap Adil

Taman bermain adalah tempat anak-anak pertama kali belajar tentang apa yang adil dan apa yang tidak. Mereka belajar bagaimana cara bergiliran, berbagi, dan menunjukkan rasa hormat satu sama lain.

Di taman bermain, anak-anak belajar bagaimana memperlakukan orang lain, sehingga penting untuk membantu mereka mengembangkan etika.

Manfaat Playground Untuk Pertumbuhan Fisik Anak yang Sehat

15. Manfaat Perkembangan Fisik dan Latihan Fisik yang Baik

Seiring dengan perkembangan anak-anak, mereka tertarik pada berbagai bentuk permainan yang mendorong perkembangan sistem motorik kasar dan halus, seperti permainan fisik ketangkasan dan kejelian.

Dari sudut pandang fisik, anak-anak secara alami mencari bentuk permainan yang membantu mereka melatih tubuh mereka menjadi lebih sehat dan kuat. Hal ini sangat penting untuk pengembangan keterampilan motorik dan kesadaran spasial mereka.

16. Menstimulan & Mengembangkan Fisik Anak Yang Sehat

Taman bermain dapat memberikan kesempatan yang berbeda untuk menstimulasi perkembangan fisik anak-anak dari segala usia, misalnya perosotan dan ayunan yang mendorong keseimbangan dan koordinasi, kerangka panjat yang memperkuat otot-otot mereka, dan panel-panel taktil yang membantu kemampuan tangan dan mata.

Selain itu membawa anak Anda ke taman bermain secara teratur dapat membantu membentuk rutinitas yang baik untuk mereka bawa hingga dewasa, yang membantu kesehatan fisik dan emosional mereka.

17. Mengembangkan Sistem Motorik Kasar & Halus Anak yang Optimal

Enam tahun pertama kehidupan bisa dibilang merupakan masa yang paling penting bagi perkembangan otak. Dengan membiarkan anak-anak melatih keterampilan motorik dan sensorik mereka pada peralatan bermain, hal ini memungkinkan otak mereka untuk membentuk lebih banyak dan lebih kuat koneksi saraf, mendorong perkembangan mental yang optimal.

Permainan playground sangat berpengaruh bagi perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak. Saat bermain di wahana playground, anak dapat mengeksplorasikan kreatifitasnya karena diberi ruang bermain yang luas.

Untuk bermain di wahana playground membutuhkan gerak fisik. Maka dari itu secara tidak langsung otot-otot anak akan semakin kuat dan fisik anak menjadi sehat karena banyak gerak. Anak yang sering gerak menandakan anak itu sehat.

Mungkin yang paling jelas, taman bermain bermanfaat bagi kesehatan fisik anak. Dengan taman bermain, anak-anak dapat berlari, melompat, memanjat, meluncur, dan bergerak secara umum, memberikan anak Anda jalan keluar yang sehat untuk berolahraga.

18. Menjaga Kebugaran Badan Anak

Perosotan memungkinkan anak Anda memanjat, jungkat-jungkit memperkuat kaki, monkey bar untuk melatih bahu dan lengan anak, hingga jenis permainan jungle gym menggabungkan seluruh tubuh anak melatih ketangkasan.

Seperti yang kita ketahui, kurangnya kebugaran fisik dan obesitas banyak negara berkembang seperti Indonesia, dikalangan anak-anak menjadi semakin mengkhawatirkan karena dapat mempengaruhi kesehatan mereka saat dewasa.

Selain itu, anak-anak dapat berlari dari satu peralatan ke peralatan lainnya, sehingga mereka dapat melakukan latihan kardiovaskular yang baik. Melakukan banyak permainan di waha playground, tentunya membuat seluruh anggota tubuh anak bergerak dan menjadi bugar.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa manfaat playground untuk anak sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak dalam jangka panjang. Betapa pentingnya olah fisik bagi anak seperti memanjat, melompat, bergelantungan, merosot dan olah fisik lainya.

Manfaat playground untuk anak pada dasarnya melatih perkembangan sistem motorik anak, mental, moral dan masih banyak lagi. Oleh karena itu salah satu cara yang tepat untuk membuat perkembangan anak optimal yaitu mengajak pergi ke taman bermain anak atau playground anak. Cara seperti itu juga bisa menjadi solusi orang tua untuk menghindarkan anak dari kecanduan terhadap gadget.

Jadi Manfaat Bermain di Playground Untuk Perkembangan Anak akan semakin optimal dengan peran orang tua sebagai pendamping terdekatnya.

Bagikan informasi tentang 18 Manfaat Bermain di Playground (Taman Bermain) Untuk Perkembangan Anak kepada teman atau kerabat Anda.

18 Manfaat Bermain di Playground (Taman Bermain) Untuk Perkembangan Anak | 081215953116 Jual Perosotan Anak

Belum ada komentar untuk 18 Manfaat Bermain di Playground (Taman Bermain) Untuk Perkembangan Anak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan